Artikel Administrasi Digital
APLIKASI PENDATAAN TAMU HOTEL BLITZ
SEMARANG
BERBASIS MICROSOFT ACCES
Akmal Zaidaan/7101418152
Prodi Pendidikan Adm. Perkantoran, Fakultas
Ekonomi
Universitas Negeri
Semarang
A.
ABSTRAK
Pembuatan
aplikasi ini bertujuan untuk membantu para pelaku usaha bisnis akomodasi agar
dapat mengelola data pelanggan serta data keuangan mereka dengan benar.
Pembuatan aplikasi ini menggunakan aplikasi bantuan microsoft acces dengan
membentuk menu serta form sesuai kebutuhan bisnis akomodasi. Dalam penggunaanya
pihak resepsionis atau staff hotel dapat mengakses aplikasi ini untuk membantu
operasional hotel serta membantu pelaporan keuangan hotel dengan bantuan menu
laporan. Harapanya aplikasi ini dapat digunakan oleh banyak pelaku usaha
akomodosi terutama dikelas menengah kebawah untuk membantu mereka mengelola
bisnis mereka. Dengan begitu pelaku usaha dapat memanfaatkan teknologi untuk
membantu bisnis mereka agar semakin mudah.
B.
PENDAHULUAN
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hotel
adalah bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat untuk menginap
dan tempat makan orang yang sedang dalam perjalanan. Selain itu menurut
Keputusan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Republik Indonesia Nomor
94 Tahun 1987, hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan
sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan,
makan dan minum serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara
komersial. Usaha hotel adalah usaha penyediaan akomodasi berupa kamar-kamar di
dalam suatu bangunan, yang dapat dilengkapi dengan jasa pelayanan makan dan
minum, kegiatan hiburan dan atau fasilitas lainnya secara harian dengan tujuan
memperoleh keuntungan.
Di era yang serba modern ini penggunaan teknologi
untuk membantu jalanya operasional hotel sangatlah penting. Sebuah hotel dapat
berjalan lebih efektif dan efisien jika mampu mengimplementasikan teknologi
dengan pekerjaan yang ada dalam operasionalnya. Jumlah pengunjung, lama
menginap dan jenis kamar harus di data oleh pihak hotel agar dapat mengerti
jumlah pemasukan dari layanan yang diberikan kepada pengguna jasa. Selain itu
dengan mengetahui semua hal tersebut dapat mengurangi tindak kecurangan dan penipuan
lainya.
Dapat di simpulkan bahwa pendataan yang dilakukan
oleh pihak hotel dalam hal ini resepsionis adalah sebuah kegiatan penting yang
perlu dilakukan ketika tamu datang untuk menginap atau check in dan juga untuk
pergi atau check out. Selain itu pendataan melalui identitas tamu juga sangat
penting. Hal itu untuk menghindari tindakan kriminal yang mungkin saja bisa
terjadi di lingkup hotel tersebut. Dibutuhkan aplikasi yang mampu mengelola
kumpulan data tamu tersebut. Di perlukan adanya pengaplikasian menggunakan
media tertentu agar data tamu di hotel dapat dicatat dan dilaporkan mengenai
keadaanya kepada pimpinan..
Menurut Hasan Abdurahman
dan Asep Ririh Riswaya (2014), aplikasi adalah program siap pakai yang dapat
digunakan untuk menjalankan perintah-perintah dari pengguna aplikasi tersebut
dengan tujuan mendapatkan hasil yang lebih akurat sesuai dengan tujuan
pembuatan aplikasi tersebut, aplikasi mempunyai arti yaitu pemecahan masalah
yang menggunakan salah satu teknik pemrosesan data aplikasi yang biasanya
berpacu pada sebuah komputansi yang diinginkan atau diharapkan maupun
pemrosesan data yang diharapkan.
Menurut (Blee,
2011) Microsoft Access adalah
aplikasi yang berguna untuk membuat, mengola, dan mengola basis data atau lebih
dikenal dengan database. Database adalah
kumpulan arsip data berbentuk tabel yang saling berkaitan unttuk menghasilkan
informasi. Data digunakan sebagai masukan yang akan diolah menjadi informasi. Aplikasi microsoft acces dapat di implementasikan
untuk pencatatan semua transaksi . Aplikasi ini merupakan aplikasi sederhana
yang dapat digunakan di sebuah organisasi dengan lingkup kecil hingga menengah.
Menurut saya aplikasi ini dapat digunakan sebagai media pencatatan dan
pendataan mengenai data dan transaksi tamu hotel.
Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis
tertarik untuk mengembangkan aplikasi pendataan tamu hotel dengan memanfaatkan
aplikasi microsoft acces sebagai database serta pemberi informasi mengenai semua
data dan transaksi dari pelanggan hotel Blitz Semarang. Nantinya terdapat
sebuah form yang dapat di isi oleh pegawai/ resepsionis untuk menginput data
contohnya seperti nama pelanggan, jenis ruangan, lama menginap, dan biaya
penginapan
Nantinya akan ada sebuah halaman yang menampilkan
informasi mengenai data pelanggan yang sudah di input kedalam aplikasi. Dengan
begitu pegawai dapat membuat pelaporan transaksi dengan jangka waktu yang bisa
ditentukan. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu pegawai membuat laporan
mengenai segala transaksi hotel yang terjadi dengan begitu jumlah pendapatan
yang diterima dapat terdata dan dapat dilaporkan kepada pimpinan sesuai dengan
keadaan dilapangan.
C.
RUMUSAN MASALAH
1.
Apa saja
identifikasi kebutuhan pendataan yang diperlukan oleh Hotel Blitz Semarang ?
2.
Bagaimana
penerapan microsoft acces sebagai aplikasi pendataan dapat membantu Hotel Blitz
mengelola transaksi yang terjadi ?
D.
TUJUAN
Tujuan dari pengidentifikasian kebutuhan pendataan
yaitu untuk mengetahui bagaimana sistem pencatatan dan pendataan transaksi tamu
Hotel Blitz Semarang untuk ditemukan permasalahan dan dapat dibuatkan aplikasi
untuk menunjang operasional hotel.
E.
MANFAAT
Aplikasi ini bermanfaat sebagai berikut
1. Sebagai sumber informasi bagi hotel untuk mengetahui
jumlah tamu dan lama menginapnya
2. Sebagai pendataan mengenai pendapatan yang diterima
dari pelayanan hotel yang diberikan
3. Sebagai informasi kepada pihak pimpinan mengenai
semua tamu yang ada untuk menghindari tindakan yang tidak di inginkan
4. Sebagai sarana untuk melakukan pencarian mengenai
tamu hotel agar lebih mudah dan efisien
5. Pendataan serta pencatatan lebih lengkap dan rapi
F.
HASIL DAN PEMBAHASAN
v Rencana
Rancangan Aplikasi Pendataan Tamu Hotel
Aplikasi pendataan tamu hotel adalah sebuah aplikasi
sederhana yang berfungsi untuk membantu pegawai hotel mendata, menyeleksi, dan melaporkan segala kondisi dari tamu yang
sedang menginap di hotelnya. Informasi tersebut akan dilaporkan kepada pimpinan
untuk dijadikan masukan serta dasar keputusan mengenai jalanya operasional
hotel kedepanya. Selain itu tujuan dari aplikasi ini adalah memberikan
transparansi kepada pihak tertentu mengenai jumlah pendapatan yang diterima
serta jumlah tamu setiap bulanya atau pada periode tertentu.
Aplikasi
pendataan tamu hotel akan berisi menu sebagai berikut :
Keterangan:
1.
Login
Menu ini berfungsi sebagai menu untuk masuk ke dalam
sebuah aplikasi atau sebuah web dengan memasukan id dan pasword. Kedua hal
tersebut hanya di ketahui oleh orang yang memiliki kepentingan terhadap
aplikasi tersebut sehingga tidak semua orang bisa masuk.
2.
Menu Utama
Menu ini berisi pilihan form yang nantinya digunakan untuk
memasukan data pelanggan lalu dijadikan laporan di menu transaksi detail.
3.
Transaksi
Menu ini ada form yang berfungsi untuk menginput
data mengenai biaya atau harga, lama menginap, kode pelanggan dan juga tanggal
masuk pelanggan.
4.
Data kamar
Menu ini berisi form yang digunakan untuk memasukan
data berupa kode kamar, nama kamar dan juga tarif.
5.
Input Pelanggan
Menu ini berisi form untuk memasukan data pelanggan
yang akan menginap seperti kode pelanggan, nama, alamat dan nomor telepon.
6.
Transaksi Detail
Menu ini berisi semua laporan dari form yang sudah
di input untuk ditampilkan menjadi satu.
v Penerapan
Aplikasi Pendataan Tamu Blizt Hotel
1.
Langkah pertama
dalam penerapan aplikasi ini adalah resepsionis ataupun staff hotel dapat
terlebih dahulu melakukan login dengan memasukan id dan pasword yang hanya
diketahui oleh pihak yang memiliki kepentingan untuk mengelola transaksi dalam
aplikasi ini.
2.
Setelah
melakukan proses login pihak staff dan resepsionis hotel akan masuk pada
tampilan menu utama dari aplikasi pendataan tamu Blizt Hotel. Terdapat 5 menu
utama disebelah kanan yaitu
·
Form Transaksi
Form
ini berguna untuk mencatat pilihan jenis kamar dan juga biaya yang harus
dibayarkan pelanggan sesuai lama menginap.
·
Form Kamar
Form
kamar berguna untuk mencatat pilihan jenis kamar yang dipilih oleh pelanggan
sesuai dengan fasilitas yang mereka terima.
·
Form Input
Pelanggan
Form
ini berguna untuk mencatat data pelanggan yang menginap seperti nama, alamat
dan nomor telepon.
·
Form User atau
Pengguna
Form
ini berguna untuk menambahkan akses bagi staff tertentu dengan memberikan id
dan pasword pada staff baru tersebut sehingga ia dapat mengakses aplikasi ini.
·
Menu Pelaporan
Menu
ini berguna untuk menampilkan semua transaksi yang terjadi termasuk nama
pelanggan, kamar yang digunakan dan total jumlah pembayaran yang diterima.
3. Langkah pertama untuk memulai proses pencatatan adalah mengisi kode pelanggan berdasarkan antrian yang mereka terima. Lalu mengisi nama pelanggan, alamat serta nomor telepon dari pelanggan tersebut.
4.
Langkah kedua
dalam proses pencatatan yaitu memilih tipe kamar sesuai permintaan dari
pelanggan tersebut. Nantinya setiap tipe memiliki fasilitas dan juga harga yang
berbeda. Contoh tipe kamar yang terdapat dalam aplikasi yaitu VIP, Regular,
Family.
5.
Langkah ketiga
dalam proses pencatatan yaitu mengisi form transaksi. Terdapat 3 kolom utama
dalam form ini. Resepsionis hanya perlu mengisi kode pelanggan dan juga tanggal
masuk pelanggan, nantinya kode transaksi akan otomatis terisi. Lalu resepsionis
harus memilih kode kamar sesuai pilihan tipe kamar dari pelanggan. Selanjutnya
resepsionis perlu mengisi berapa lama masa sewa kamar hotel, nantinya harga
atau biaya sewa akan otomatis terhitung di kolom total bayar.
6.
Selanjutnya
adalan menu laporan. Dalam menu ini akan ditampilkan semua data pelanggan yang
sudah menginap dalam rentan waktu tertentu. Selain data pelanggan akan di
tampilkan jenis kamar yang dipilih serta perolehan uang yang diterima hotel
sesuai dengan data pelanggan. Menu ini dapat dijadikan laporan untuk pihak
hotel menganalisis keuntungan bersih yang mereka terima.
7.
Menu form user
adalah menu yang berguna untuk menambahkan akses pada aplikasi bagi staff baru
atau staff tertentu. Nantinya mereka akan memperoleh id dan pasword tertentu
untuk mengakses aplikasi pendataan tamu Blitz Hotel.
A.
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Di era modern ini teknologi semakin
berkembang pesat. Sebuah bisnis yang berjalan di era modern tentunya harus
mampu beradaptasi dan memanfaatkan keuntungan yang diberikan oleh teknologi.
Hal itu berguna untuk mempermudah dan juga mengurangi kesalahan yang dapat
terjadi jika dilakukan secara manual. Sebuah bisnis perlu mendapatkan
keuntungan agar bisnis tersebut dapat terus berjalan. Setiap proses transaksi
yang terjadi dalam bisnis perlu dicatat baik pemasukan dan juga pengeluaranya.
Hal itu bermaksud agar pemilik bisnis mengetahui secara pasti keuntungan yang
ia peroleh.
Bisnis akomodasi atau hotel saat ini semakin
menjamur dimana mana terutama di kota kota wisata. Saat ini tidak perlu
bangunan besar dan megah agar disebut hotel, cukup rumah besar dengan beberapa
kamar sudah dapat dikatakan hotel. Hal itu karena sekarang banyak perusahaan
yang menyediakan jasa pengiklanan sewa hotel di internet. Hal tersebut tentunya
memudahkan para wisatawan untuk mencari penginapan dimanapun mereka berada.
Selain itu jumlah pelanggan yang diterima oleh tentunya akan semakin meningkat.
Tidak hanya pelanggan yang semakin mudah
mencari akomodasi, pihak Blitz Hotel memiliki sebuah aplikasi yang membantu
mereka untuk mencatat semua transaksi yang terjadi setiap harinya. Hal itu
bermaksud untuk mempermudah pihak hotel mendata jumlah tamu yang mereka terima
dan juga perolehan uang yang mereka dapat di rentan waktu tertentu. Nantinya
pelaporan dari aplikasi itu akan menjadi acuan bagi pihak hotel untuk
mengetahui keuntungan bersih yang mereka terima. Harapanya aplikasi tersebut dapat
semakin mempermudah pihak hotel menganalisis semua transaksi yang terjadi. Di
era modern seperti ini bisnis hotel perlu memanfaatkan teknologi untuk
mempermudah mereka mengelola bisnis mereka.
Saran
Saya
mengetahui bahwa aplikasi pendataan tamu hotel ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena
itu saya selaku pembuat aplikasi ini meminta kritik dan saran yang membangun
dari para pembaca. Semoga dengan adanya kritik dan saran dari para pembaca,
saya dapat membuat aplikasi yang lebih baik lagi untuk kedepannya. Saya
berharap setelah pembaca memahami mengenai laporan saya nantinya dapat
dijadikan motivasi untuk membuat atau menciptakan sebuah aplikasi baru yang
lebih modern dan variatif
Daftar Pustaka
Adi Widarma, S. R. (2017). PERANCANGAN APLIKASI GAJI KARYAWAN
PADA PT. PP LONDON SUMATRA INDONESIA Tbk. GUNUNG MALAYU ESTATE - KABUPATEN
ASAHAN. In PERANCANGAN APLIKASI GAJI KARYAWAN PADA PT. PP LONDON SUMATRA INDONESIA
Tbk. GUNUNG MALAYU ESTATE - KABUPATEN ASAHAN (p. 10).








Komentar
Posting Komentar