Media Pembelajaran Administrasi Perkantoran
Media Pembelajaran Administrasi Perkantoran
Dosen
pengampu : Agung Kuswantoro, S.Pd.,M.Pd
Ditulis
oleh : Akmal Zaidaan
Nim : 7101418152
Ditulis untuk memenuhi tugas mata kuliah Media
Pembelajaran Administrasi Perkantoran
PENERAPAN SISTEM KEARSIPAN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE
DRIVE
Media apa yang rencananya akan anda buat ?
Media
pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan
atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang
perhatian dan minat siswa dalam belajar. Media pembelajaran dapat membantu guru
untuk menjelaskan kepada siswa secara lebih jelas karena siswa akan lebih
banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru,
tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dan
lain-lain. Selain itu bahan pembelajaran akan mudah di pahami.
Disini saya
akan menggunakan media pembelajaran google drive dengan mengaplikasikanya pada
mata pelajaran kearsipan. Ketika siswa sudah memperoleh pembelajaran kearsipan
melalui praktek secara langsung dengan alat alat berwujud secara fisik maka
saya akan mengarahkan kepada siswa untuk mempelajari dan memahami bagaimana
melakukan pengarsipan dengan cara e-arsip. E-arsip adalah suatu sistem atau
tata cara mengumpulkan informasi dalam bentuk dokumen yang direkam dan disimpan
memakai teknologi komputer berupa dokumen elektronik (Document Management
System/e-Documents) yang bertujuan supaya dokumen mudah dilihat, dikelola,
ditemukan dan dipakai kembali.
Mengapa anda
memilih media itu ?
Alasan
saya memilih media google drive adalah saya ingin memberikan gambaran sederhana
kepada murid murid saya mengenai sistem e-arsip. Selain itu karena penggunaanya
yang mudah diterapkan kepada murid murid smk, penyimpanan melalui google drive
juga lebih efektif dan efisien sehingga dapat memudahkan untuk mencari dan
menyimpan arsip. Harapan saya dengan menerapkan sistem pembelajaran e-arsip
sederhana melalui google drive kepada para murid maka mereka akan memahami
tentang tata cara penggunaan e-arsip. Di zaman yang serba modern ini tidak
dipungkiri bahwa nantinya sistem penyimpanan arsip akan berubah menjadi e-arsip
semua karena memang penyimpanan yang tergolong lebih praktis. Sehingga murid
murid saya yang sudah memiliki ilmu sederhanana e-arsip dapat mengaplikasikanya
dan mungkin lebih meningkatkanya menjadi sistem e-arsip yang lebih baik dan
lebih canggih.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Penilaian Sikap Religius
1.1 Teknik :
Observasi
1.2 Instrumen : Lembar Observasi
2.
Penilaian Sikap Sosial
2.1 Teknik : Observasi
2.2 Instrumen : Lembar Observasi
3.
Penilaian Pengetahuan
3.1 Teknik : Pertanyaan lisan
3.2 Instrumen : Soal
4.
Penilaian Ketrampilan
4.1 Teknik : Penilaian Praktek
4.2 Instrumen : Penugasan Praktek
Penilaian Sikap Religius
No |
Nama |
Aspek
Penilaian |
Total |
||
Berdoa sebelum memulai dan mengakhiri pelajaran |
Memberikan salam sebelum dan sesudah presentasi |
Mensyukuri atas karunia Tuhan |
|||
1. |
Akmal Zaidaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Sikap Sosial
No |
Nama |
Aspek
Penilaian |
Total |
|||||
Berdiskusi dengan teman |
Tanggung jawab |
Kerajinan |
Kerajinan |
Kepedulian |
Ramah dengan teman |
|||
1. |
Akmal Zaidaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Pengetahuan
NO |
Materi |
Kisi Kisi |
||||
C1 |
C2 |
C3 |
C4 |
C5 |
||
1 |
Mengetahui Konsep dasar dan teori pengelolaan arsip |
|
|
|
|
|
2 |
Menguasai konsep umum tentang dokumentasi, dokumen, pengarsipan dan arsip; |
|
|
|
|
|
3 |
Menguasai konsep umum, prinsip dan teknik dokumentasi (mencari, mengumpulkan, menyusun, menyelidiki, meneliti, mengolah, memlihara dan menyiapkan dokumen baru) |
|
|
|
|
|
4 |
Menguasai tata cara menyimpan arsip di aplikasi yang sudah disediakan |
|
|
|
|
|
5 |
Menguasai pengetahuan operasional lengkap tentang aplikasi tekonologi informasi yang mungkin relevan dengan kegiatan
kearsipan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C1 : Mengingat C4 :
Menganalisis
C2 : Memahami C5 :
Mengevaluasi
C3 : Menerapkan
Penilaian Ketrampilan
·
Tugas Praktek
Guru mengarahkan siswa untuk bersiap siap menuju lab
komputer untuk melalukan praktek kearsipan dengan sistem online. Lalu guru
memberikan sebuah link google drive yang sudah di buat oleh guru sesuai dengan
sistem arsip. Guru menerangkan kepada siswa mengenai model dan sistem yang ada
di google drive tersebut untuk di implementasikan dalam pengelolaan arsip
secara online. Setelah diberi penjelasan guru akan meminta siswa untuk mencoba
melakukan pengelolaan arsip seperti menyimpan, mencari dan mengolah arsip sesuai
dengan sistem penyimpanan yang sudah ditentukan seperti abjad, tanggal dan
wilayah.
Rubrik
Pengamatan Penilaian
NO |
Nama |
Aspek
yang dinilai |
|
|||
Ketepatan
mencari letak penyimpanan sesuai sistem |
Ketepatan
menyimpan arsip |
Ketepatan
memberi nama file sesuai sistem |
Kecepatan
dalam mencari asip yang sudah disimpan |
|
||
1 |
Akmal |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Penilaian
Sangat Baik/ A :
Apabila memperoleh skor 91-100
Baik/ B : Apabila memperoleh skor 76-90
Cukup/ C : Apabila memperoleh skor 61-75
Cukup Baik/ BC : Apabila menunjukan skor 56-60
Kurang/ K : Apabila
memperoleh skor dibawah 56
Mantab gan
BalasHapus