Administrasi Perkantoran Berbasis Digital

 

Dosen pengampu  : Agung Kuswantoro, S.Pd.,M.Pd

Di tulis oleh          : Akmal Zaidaan

Nim                       : 7101418152

Administrasi Perkantoran Berbasis Digital

 



Administrasi Perkantoran

Berbasis Digital

 

  Di era yang serba modern ini hampir semua teknologi menjadi sebuah alat bantu bagi kehidupan manusia. Banyak sekali perubahan yang diakibatkan oleh kecanggihan dari teknologi yang memudahkan aktivitas manusia. Salah satu aktivitas yang banyak mengalami perubahan dan pengaruh adalah aktivitas perkantoran. Saat ini segala pekerjaan kantor banyak memanfaatkan teknologi contoh sederhanya seperti mengirim surat menggunakan E-Mail. Saat dulu mengirim surat memerlukan waktu hingga beberapa hari saat ini hanya membutuhkan hitungan detik surat sudah dapat dibaca oleh penerima.

   Saat ini kita memasuki era digital. Era digital adalah masa ketika informasi mudah dan cepat diperoleh serta disebarluaskan menggunakan teknologi digital. Teknologi digital adalah teknologi yang menggunakan sistem komputerisasi yang terhubung internet. Sebuah organisasi tidak akan lepas dengan yang namanya administrasi. Di era digital ini organisasi harus mampu menyesuaikan dan mengikuti perubahan yang ada termasuk untuk mengimplementasikan teknologi ke dalam kegiatan administrasi. Administrasi adalah salah satu istilah yang berkaitan dengan kegiatan catat mencatat, surat menyurat, dan sebagainya.

    Administrasi adalah aktivitas yang memiliki kaitan erat dengan berbagai pengaturan kebijakan dengan tujuan agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan organisasi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa administrasi mempunyai peran penting bagi semua aktivitas organisasi. Hal inilah yang menjadikan administrasi mempunyai peran yang sangat penting agar perusahaan tetap berdiri dan terus berkembang. Ketika perkembangan teknologi yang semakin maju pihak organisasi terutama pimpinan harus mampu menfasilitasi pegawainya untuk terus meningkatkan skill dan kecakapan guna mengikuti perubahan zaman. Peran pihak administrasi sangat penting dalam sebuah organisasi karena hasil pekerjaan mereka yang menjadi acuan bagi bagian organisasi lain untuk menyajikan laporan. Tentunya permasalahan yang akan dihadapi oleh staff  administrasi akan lebih rumit.

    Permasalahan yang mungkin dihadapi oleh staff administrasi saat menghadapi perubahan era digital ini adalah kurangnya minat dari staff itu sendiri untuk kembali belajar mengikuti teknologi saat ini. Selain itu permasalahan lainya bisa berasal dari organisasi itu sendiri. Contohnya adalah biaya atau anggaran guna menunjang aktivitas perkantoran dengan memanfaatkan teknologi. Tentunya hal itu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Selain itu pihak staff administrasi juga harus mampu meningkatkan kemampuan dan kompetensi ilmu administrasi berbasis digital guna meningkatkan pelayanan atau pekerjaanya.

  Kesimpulanya administrasi perkantoran berbasis digital menurut saya adalah sebuah kegiatan pekerjaan kantor yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan memanfaatkan teknologi guna menunjang aktivitas kantor agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Perubahan yang dibawa oleh era digital ini harus mampu kita sikapi dengan cara mengambil dampak positifnya. Jadikan perubahan ini menjadi manfaat bagi kita untuk terus berubah dan berinovasi sesuai dengan tuntutan zaman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media Pembelajaran Administrasi Perkantoran

Identifikasi Kebutuhan Aplikasi Database