Administrasi Perkantoran Berbasis Digital
Dosen pengampu : Agung
Kuswantoro, S.Pd.,M.Pd
Di tulis oleh : Akmal
Zaidaan
Nim : 7101418152
Administrasi Perkantoran Berbasis Digital
Administrasi
Perkantoran
Berbasis
Digital
Di era yang serba modern ini hampir semua
teknologi menjadi sebuah alat bantu bagi kehidupan manusia. Banyak sekali
perubahan yang diakibatkan oleh kecanggihan dari teknologi yang memudahkan aktivitas
manusia. Salah satu aktivitas yang banyak mengalami perubahan dan pengaruh
adalah aktivitas perkantoran. Saat ini segala pekerjaan kantor banyak
memanfaatkan teknologi contoh sederhanya seperti mengirim surat menggunakan
E-Mail. Saat dulu mengirim surat memerlukan waktu hingga beberapa hari saat ini
hanya membutuhkan hitungan detik surat sudah dapat dibaca oleh penerima.
Saat ini kita memasuki era digital. Era
digital adalah masa ketika informasi mudah dan cepat diperoleh serta
disebarluaskan menggunakan teknologi digital. Teknologi digital adalah
teknologi yang menggunakan sistem komputerisasi yang terhubung internet. Sebuah
organisasi tidak akan lepas dengan yang namanya administrasi. Di era digital
ini organisasi harus mampu menyesuaikan dan mengikuti perubahan yang ada
termasuk untuk mengimplementasikan teknologi ke dalam kegiatan administrasi.
Administrasi adalah salah satu istilah yang berkaitan dengan kegiatan catat
mencatat, surat menyurat, dan sebagainya.
Administrasi adalah aktivitas yang memiliki
kaitan erat dengan berbagai pengaturan kebijakan dengan tujuan agar mencapai tujuan
yang telah ditetapkan organisasi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa
administrasi mempunyai peran penting bagi semua aktivitas organisasi. Hal
inilah yang menjadikan administrasi mempunyai peran yang sangat penting agar perusahaan
tetap berdiri dan terus berkembang. Ketika perkembangan teknologi yang semakin
maju pihak organisasi terutama pimpinan harus mampu menfasilitasi pegawainya
untuk terus meningkatkan skill dan kecakapan guna mengikuti perubahan zaman.
Peran pihak administrasi sangat penting dalam sebuah organisasi karena hasil
pekerjaan mereka yang menjadi acuan bagi bagian organisasi lain untuk
menyajikan laporan. Tentunya permasalahan yang akan dihadapi oleh staff administrasi akan lebih rumit.
Permasalahan yang mungkin dihadapi oleh
staff administrasi saat menghadapi perubahan era digital ini adalah kurangnya
minat dari staff itu sendiri untuk kembali belajar mengikuti teknologi saat
ini. Selain itu permasalahan lainya bisa berasal dari organisasi itu sendiri.
Contohnya adalah biaya atau anggaran guna menunjang aktivitas perkantoran
dengan memanfaatkan teknologi. Tentunya hal itu memerlukan biaya yang tidak
sedikit. Selain itu pihak staff administrasi juga harus mampu meningkatkan
kemampuan dan kompetensi ilmu administrasi berbasis digital guna meningkatkan
pelayanan atau pekerjaanya.
Kesimpulanya administrasi perkantoran
berbasis digital menurut saya adalah sebuah kegiatan pekerjaan kantor yang
dilakukan oleh sekelompok orang dengan memanfaatkan teknologi guna menunjang
aktivitas kantor agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien untuk mencapai
tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Perubahan yang dibawa oleh era
digital ini harus mampu kita sikapi dengan cara mengambil dampak positifnya.
Jadikan perubahan ini menjadi manfaat bagi kita untuk terus berubah dan
berinovasi sesuai dengan tuntutan zaman
Komentar
Posting Komentar