Identifikasi Kebutuhan Aplikasi Database
Nama : Akmal Zaidaan
Nim/ Rombel : 7101418152/ PAPB 18
Mata Kuliah : Administrasi Perkantoran Berbasis Digital
Hari dan Jam Kuliah : Selasa/07.00 - 08.30
Dosen Pengampu : Agung Kuswantoro, S. Pd., M. Pd.
LAPORAN ADMINISTRASI PERKANTORAN BERBASIS DIGITAL
APLIKASI PENDATAAN TAMU HOTEL BLITZ
SEMARANG
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Administrasi Perkantoran
Berbasis Digital
Dosen Pengampu : Agung Kuswantoro, S.Pd., M. Pd.
Disusun Oleh :
Akmal Zaidaan
7101418152
Pendidikan Administrasi Perkantoran B
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2021
A.
Latar Belakang
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hotel
adalah bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat untuk menginap
dan tempat makan orang yang sedang dalam perjalanan. Selain itu menurut
Keputusan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Republik Indonesia Nomor
94 Tahun 1987, hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan
sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan,
makan dan minum serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara
komersial. Usaha hotel adalah usaha penyediaan akomodasi berupa kamar-kamar di
dalam suatu bangunan, yang dapat dilengkapi dengan jasa pelayanan makan dan
minum, kegiatan hiburan dan atau fasilitas lainnya secara harian dengan tujuan
memperoleh keuntungan.
Di era yang serba modern ini penggunaan teknologi
untuk membantu jalanya operasional hotel sangatlah penting. Sebuah hotel dapat
berjalan lebih efektif dan efisien jika mampu mengimplementasikan teknologi
dengan pekerjaan yang ada dalam operasionalnya. Jumlah pengunjung, lama
menginap dan jenis kamar harus di data oleh pihak hotel agar dapat mengerti
jumlah pemasukan dari layanan yang diberikan kepada pengguna jasa. Selain itu
dengan mengetahui semua hal tersebut dapat mengurangi tindak kecurangan dan
penipuan lainya.
Dapat di simpulkan bahwa pendataan yang dilakukan
oleh pihak hotel dalam hal ini resepsionis adalah sebuah kegiatan penting yang
perlu dilakukan ketika tamu datang untuk menginap atau check in dan juga untuk
pergi atau check out. Selain itu pendataan melalui identitas tamu juga sangat
penting. Hal itu untuk menghindari tindakan kriminal yang mungkin saja bisa
terjadi di lingkup hotel tersebut. Dibutuhkan aplikasi yang mampu mengelola
kumpulan data tamu tersebut. Di perlukan adanya pengaplikasian menggunakan
media tertentu agar data tamu di hotel dapat dicatat dan dilaporkan mengenai
keadaanya kepada pimpinan..
Menurut Hasan Abdurahman
dan Asep Ririh Riswaya (2014), aplikasi adalah program siap pakai yang dapat
digunakan untuk menjalankan perintah-perintah dari pengguna aplikasi tersebut
dengan tujuan mendapatkan hasil yang lebih akurat sesuai dengan tujuan
pembuatan aplikasi tersebut, aplikasi mempunyai arti yaitu pemecahan masalah
yang menggunakan salah satu teknik pemrosesan data aplikasi yang biasanya
berpacu pada sebuah komputansi yang diinginkan atau diharapkan maupun pemrosesan
data yang diharapkan.
Menurut (Blee,
2011) Microsoft Access adalah
aplikasi yang berguna untuk membuat, mengola, dan mengola basis data atau lebih
dikenal dengan database. Database adalah
kumpulan arsip data berbentuk tabel yang saling berkaitan unttuk menghasilkan
informasi. Data digunakan sebagai masukan yang akan diolah menjadi informasi. Aplikasi microsoft acces dapat di implementasikan
untuk pencatatan semua transaksi . Aplikasi ini merupakan aplikasi sederhana
yang dapat digunakan di sebuah organisasi dengan lingkup kecil hingga menengah.
Menurut saya aplikasi ini dapat digunakan sebagai media pencatatan dan
pendataan mengenai data dan transaksi tamu hotel.
Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis
tertarik untuk mengembangkan aplikasi pendataan tamu hotel dengan memanfaatkan
aplikasi microsoft acces sebagai database serta pemberi informasi mengenai semua
data dan transaksi dari pelanggan hotel Blitz Semarang. Nantinya terdapat
sebuah form yang dapat di isi oleh pegawai/ resepsionis untuk menginput data
contohnya seperti nama pelanggan, jenis ruangan, lama menginap, dan biaya
penginapan
Nantinya akan ada sebuah halaman yang menampilkan informasi mengenai data pelanggan yang sudah di input kedalam aplikasi. Dengan begitu pegawai dapat membuat pelaporan transaksi dengan jangka waktu yang bisa ditentukan. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu pegawai membuat laporan mengenai segala transaksi hotel yang terjadi dengan begitu jumlah pendapatan yang diterima dapat terdata dan dapat dilaporkan kepada pimpinan sesuai dengan keadaan dilapangan.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa saja
identifikasi kebutuhan pendataan yang diperlukan oleh Hotel Blitz Semarang ?
2. Bagaimana
penerapan microsoft acces sebagai aplikasi pendataan dapat membantu Hotel Blitz
mengelola transaksi yang terjadi ?
C.
Tujuan
Tujuan dari pengidentifikasian kebutuhan pendataan
yaitu untuk mengetahui bagaimana sistem pencatatan dan pendataan transaksi tamu
Hotel Blitz Semarang untuk ditemukan permasalahan dan dapat dibuatkan aplikasi
untuk menunjang operasional hotel.
D.
Manfaat
Aplikasi ini bermanfaat sebagai berikut
1. Sebagai sumber informasi bagi hotel untuk mengetahui
jumlah tamu dan lama menginapnya
2. Sebagai pendataan mengenai pendapatan yang diterima
dari pelayanan hotel yang diberikan
3. Sebagai informasi kepada pihak pimpinan mengenai
semua tamu yang ada untuk menghindari tindakan yang tidak di inginkan
4. Sebagai sarana untuk melakukan pencarian mengenai
tamu hotel agar lebih mudah dan efisien
5. Pendataan serta pencatatan lebih lengkap dan rapi
E.
Rencana Rancangan Aplikasi Pendataan Tamu Hotel
Aplikasi pendataan tamu hotel adalah sebuah aplikasi
sederhana yang berfungsi untuk membantu pegawai hotel mendata, menyeleksi, dan melaporkan segala kondisi dari tamu yang
sedang menginap di hotelnya. Informasi tersebut akan dilaporkan kepada pimpinan
untuk dijadikan masukan serta dasar keputusan mengenai jalanya operasional
hotel kedepanya. Selain itu tujuan dari aplikasi ini adalah memberikan
transparansi kepada pihak tertentu mengenai jumlah pendapatan yang diterima
serta jumlah tamu setiap bulanya atau pada periode tertentu.
Aplikasi pendataan tamu hotel akan berisi menu
sebagai berikut :
1.
Login
Menu ini berfungsi sebagai menu untuk masuk ke dalam
sebuah aplikasi atau sebuah web dengan memasukan id dan pasword. Kedua hal
tersebut hanya di ketahui oleh orang yang memiliki kepentingan terhadap
aplikasi tersebut sehingga tidak semua orang bisa masuk.
2.
Menu Utama
Menu ini berisi pilihan form yang nantinya digunakan untuk
memasukan data pelanggan lalu dijadikan laporan di menu transaksi detail.
3.
Transaksi
Menu ini ada form yang berfungsi untuk menginput
data mengenai biaya atau harga, lama menginap, kode pelanggan dan juga tanggal masuk
pelanggan.
4.
Data kamar
Menu ini berisi form yang digunakan untuk memasukan
data berupa kode kamar, nama kamar dan juga tarif.
5.
Input Pelanggan
Menu ini berisi form untuk memasukan data pelanggan
yang akan menginap seperti kode pelanggan, nama, alamat dan nomor telepon.
6.
Transaksi Detail
Menu ini berisi semua laporan dari form yang sudah
di input untuk ditampilkan menjadi satu.
F.
Tabel Identifikasi Kebutuhan
Nama Pelanggan |
Alamat Pelanggan |
Nomor Telepon |
Nama Kamar |
Biaya/ Tarif Kamar |
Tanggal Masuk |
Lama Menginap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
1.
Nama Pelanggan
Nama pelanggan berguna untuk pendataan identitas
dari tamu kamar yang menginap. Dengan mendata identitas dari tamu maka dapat di
ketahui apabila sewaktu waktu terjadi hal yang tidak diinginkan di dalam kamar
hotel yang di sewakan. Selain itu nama pelanggan berguna untuk pendataan
mengenai jumlah tamu yang datang
2.
Alamat Pelanggan
Dengan mendata alamat pelanggan sesuai kartu
identitas pelanggan maka dapat di ketahui apabila terjadi tindakan yang
melanggar peraturan hotel di dalam kamar hotel selama masa menginap.
3.
Nomor Telepon
Data ini juga termasuk data pencatatan utama tamu
hotel, hal itu dikarenakan nomor telepon menjadi salahsatu cara untuk
menghubungi tamu hotel.
4.
Nama Kamar
Data ini berfungsi untuk mengklasifikasikan jenis
kamar atau type kamar yang digunakan setiap tamu hotel. Hal itu untuk
membedakan pelayanan yang diberikan pihak hotel kepada tamu. Karena semakin
tinggi jenis kamar atau type kamarnya maka pelayanan akan semakin baik
5.
Biaya atau tarif
Data ini berfungsi sebagai salahsatu tanda untuk
mengklasifikasikan jenis kamar karena semakin mahal tarif nya maka semakin
tinggi type kamarnya. Selaim itu data ini berfungsi untuk pencatatan laporan
keuangan mengenai pendapatan yang diterima.
6.
Tanggal Masuk
Data ini berfungsi untuk mencatat setiap tamu yang
datang untuk menginap setiap harinya. Dengan mengetahui tanggal masuk maka
dapat diketahui jumlah harga yang tepat. Karena biasanya jika menginap di
tanggal merah/ hari libur besar harga dari kamar akan semakin mahal. Selain itu
tanggal masuk menjadi acuan bagi pihak hotel untuk tahu kapan tamu hotel check
out sesuai kesepakatan pembayaran di awal. Hal itu untuk menghindari kelebihan
jam check out karen jika melebihi batas waktu harian check out di anggap
menambah hari untuk menginap.
7.
Lama Menginap
Data ini hampir sama seperti data tanggal masuk akan
tetapi data ini lebih detail mengenai berapa lama tamu hotel menginap dan kapan
seharusnya tamu hotel check out.
Komentar
Posting Komentar